Selasa, 06 November 2012

macam-macam jaringan kompter

  • 1. MACAM MACAM JARINGAN
  • 2. Jaringan Komputer Jaringan merupakan sekumpulan komputer yang terhubung dan dapat berbagi sumber daya yang dimilikinya, seperti : printer, CD ROM, pertukaran file, dan komunikasi secara eletronik antarkomputer. Hubungan antarkomputer dalam jaringan menggunakan media kabel, telpon, gelombang radio, satelite, infrared dan bluetooth. Jenis jaringan komputer terbagi dalam dua klasifikasi 1. Teknologi transmisi 2. Jarak Jenis jaringan Teknologi transmisi a. Jaringan broadcast jaringan ini menggunakan saluran komunikasi tunggal yang digunakan semua kompter dan mesin yang terhubung secara bersama sama. Jaringan point to point Jaringan ini terdiri atas beberapa komputer atau mesin” yang seringkali harus memiliki banyak rute karena jaraknya berbeda.
  • 3. 2. Jenis jaringan komputer berdasarkan Jarak Jenis jaringan ini terbagi menjadi 3 bagian : a. LAN ( lokal Area Network ) b. MAN ( Metropolitan Area Network ) c. WAN ( Wide Area Network ) A. LAN ( lokal Area Network ) Jaringan ini disebut sebagai jaringan area lokal, yaitu jaringan yang terbatas untuk area kecil, seperti pada lingkungan perkantoran sebuah gedung, sekolah atau kampus. Dalam jaringan ini biasanya terdapat satu komputer untuk dijadikan sebagai file server. Fungsinya adalah untuk memberikan layanan perangkat lunak, mengatur aktivasi jaringan dan penyimpanan file. selain server dibutuhkan juga komputer lain yang terhubung dalam jaringan(network) yang disebut juga workstation ( client )
  • 4. LAN dibedakan dari jenis jaringan lainnya berdasarkan 3 karakteristik yaitu ukuran, transmisi dan topologinya. 1. Topologi Jaringan (bentuk jaringan) A. Topologi Jaringan Fisik Adalah desain suatu jaringan komoputer degan melihat bentuk nyata pada posisi desain letak node komputer. Jaringan ini memerlukan kabel” jaringan serta alat pendukung lainnya seperti hub, router, dan bridge. 1. Topologi jaringan Mesh (web) topologi ini semua komputer terhubung adalah sentral atau node . Jaringan ini kurang ekonomis dan relatif mahal pengoprasiannya.
  • 5. Topologi Star Topologi ini hanya memiliki satu kompter sebagai sentral, stiap komputer dalam jaringan dihubungkan secara langsung ke server atau ke hub dengan tingkat kesulitan yg ringan dibandingkan dengan mesh. 3. Topologi BUS Topologi ini komputer yg berfungsi sebagai server dan workstation dihubungkan oleh kabel tunggal atau kabel pusat. Keunggulannya adalah ketika menambah workstation baru tanpa mengganggu workstation yg lain.
  • 6. 4. Topologi RING Dalam jaringan ring ini komputer sentral dihubungkan konputer sentral atau workstation lainnya sehingga membentuk suatu lingkaran. Keunggulan topologi ini tidak akan terjadi tabrakan data pada satu pengiriman.kelemahannya adalah setiap node akan menerima informasi dan mengelolanya untuk selanjutnya diterima atau dilewatkan, sehingga bila terjadi gangguan pada salah satu node maka seluruh jaringan akan terganggu. 5. Topologi jaringan tree Topologi ini disebut juga jaringan pohon atau jaringan bertingkat (hirarki). Digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan tingkat atau hirarki yg berbeda. Topologi ini paling umum digunakan karena memiliki keandalan yaitu jika salah satu kabel putus pada workstation tidak akan mempengaruhi hubungan dengan workstation yg lain.
  • 7. M A N (metropolitan Area Network ) Jaringan ini lebih luas dari LAN yang menjangkau antar wilayah dalam satu provinsi. Teknologi MAN mampu mendukung data dan suara dan dapat juga berhubungan dengan jaringan televisi kabel.
  • 8. WAN ( wide Area Network ) Jaringan ini mencakup geografis dan luas area yang mampu menembus batas provinsi bahkan negara dengan menggunakan satelite. Komunikasi dan tranformasi data dapat dilakukan dalam beberapa menit antarkomputer dari beberapa wilayah atau beberapa negara dengan menggunakan perangkat mesin atau komputer yg biasa di sebut dengan host. Host dihubungkan ke subnet komunikasi dan subnet membawa peasan ke host host yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar